Pilihan Bahasa: EN CN BH VI

Kolonoskopi

Lakukan pendekatan proaktif dalam deteksi dan pencegahan kanker usus besar dengan kolonoskopi tepat waktu.

Apa itu Kolonoskopi?

Kolonoskopi adalah prosedur diagnostik yang dilakukan untuk memeriksa seluruh usus besar dan rektum di bawah visualisasi langsung. Dengan memasukkan tabung tipis dan fleksibel dengan lampu kecil dan kamera di ujungnya melalui anus dan rektum hingga mencapai awal usus besar, kita akan dapat mendeteksi pertumbuhan abnormal yang mungkin ada di usus besar.

Selama pemeriksaan ini, setiap polip yang ditemukan akan diangkat untuk mencegah kanker kolorektal berkembang dan biopsi jaringan dapat dilakukan untuk pengujian lebih lanjut.

Inilah sebabnya mengapa kolonoskopi dikenal sangat efektif dan direkomendasikan untuk mendiagnosis kanker kolorektal pada tahap awal, yang mengarah pada hasil yang lebih baik bagi pasien.

Karena kolonoskopi biasanya dilakukan dengan sedasi, tindakan ini tidak menimbulkan rasa sakit dengan sedikit ketidaknyamanan seperti kembung setelah prosedur.

Colonoscopy

Praktek Kolorektal didedikasikan untuk pencegahan, deteksi dini dan pengobatan kanker kolorektal yang efektif.

Untuk membuat jadwal konsultasi dengan ahli bedah kami yang berpengalaman,
silahkan hubungi 6262 1226 hari ini.

Siapa yang Harus Menjalani Kolonoskopi?

Karena kelompok orang berikut memiliki risiko lebih tinggi, kami merekomendasikan agar mereka menjalani pemeriksaan rutin setiap 3-5 tahun pada usia 50 tahun, atau bahkan lebih awal dan lebih sering jika mereka memiliki anggota keluarga yang menderita kanker kolorektal pada usia lebih dini.

Individu berusia 50 tahun ke atas

Meskipun kanker kolorektal dapat bermanifestasi pada usia berapa pun, kemungkinan terkena kanker kolorektal meningkat setelah usia 50 tahun.

Individu dengan riwayat keluarga mengidap kanker kolorektal

Pasien dengan anggota keluarga yang pernah mengidap kanker kolorektal memiliki risiko lebih besar, terutama di antara kerabat tingkat pertama.

Individu dengan gaya hidup dan diet faktor risiko

  • Obesitas
  • Konsumsi rokok dan alkohol yang berlebihan
  • Tingginya konsumsi daging olahan dan daging merah

Apa Risiko yang dialami dalam Menjalani Kolonoskopi?

Risiko yang dialami dalam Kolonoskopi sangat rendah, terlebih di tangan yang berpengalaman. Ada dua risiko utama: perdarahan dan perforasi.

Jika terjadi pendarahan, biasanya akan terjadi 7-10 hari setelah prosedur. Kemungkinannya sangat rendah, terjadi sekitar 1-6 dalam 1000 kasus. Hal ini dilakukan dengan membatasi diri dan pengobatan secara konservatif.

Perforasi selama Kolonoskopi juga sangat jarang, terjadi pada kurang dari 1 dari 1000 kasus.

Apakah ada Alternatif untuk Menjalani Kolonoskopi?

Sementara kolonoskopi tetap menjadi pilihan yang paling ideal, akurat dan nyaman untuk mendeteksi kanker usus besar, metode diagnostik berikut juga dapat digunakan:

Barium Enema

Menggunakan barium enema meliputi memasukkan tabung ke dalam anus dan menuangkan larutan barium putih, melapisi lapisan usus besar. Hal ini memungkinkan lapisan kolon menjadi lebih jelas terlihat pada x-ray, menyoroti kelainan yang mungkin ada.

Prosedur ini jarang digunakan sekarang, mendukung CT Colonography.

CT Kolonografi

Kolonografi CT, atau kolonoskopi virtual, berbeda dari Kolonoskopi karena pemindai CT digunakan untuk menyaring polip di usus besar. Di sini, sebuah tabung dimasukkan ke dalam rektum untuk menggembungkan usus besar dengan gas sementara gambar CT dari usus besar dan rektum diambil dari berbagai sudut.

Sementara opsi ini juga mendeteksi keberadaan polip di usus besar, mereka kurang akurat dibandingkan Kolonoskopi; dan jika polip ditemukan, Kolonoskopi tetap harus dilakukan untuk menghilangkannya.

Inilah sebabnya mengapa Kolonoskopi biasanya merupakan metode diagnostik yang paling direkomendasikan untuk kanker usus besar. Meskipun demikian, kami akan menyarankan Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Rangkaian Layanan Kolorektal yang Komprehensif untuk Ketenangan Pikiran Anda

Kami menyesuaikan perawatan kami berdasarkan kebutuhan gaya hidup dan kebutuhan kesehatan Anda. Kami percaya dalam memberikan perawatan yang dipersonalisasi karena memungkinkan hasil bedah yang lebih baik dan menciptakan lingkungan yang mendukung bagi pasien kami.

Untuk konsultasi lebih detail, hubungi kami di 6262 1226 atau isi formulir kontak di bawah ini.

Hubungi kami
Orchard
Novena
Gleneagles
Farrer Park

Colorectal Practice (Orchard)

3 Mount Elizabeth, #12-14
Mount Elizabeth Medical Centre
Singapore 228510

Tel: (+65) 6262 1226

Colorectal Practice (Novena)

38 Irrawaddy Road, #10-28/29
Mount Elizabeth Novena Specialist Centre
Singapore 329563

Tel: (+65) 6266 1226

Colorectal Practice (Gleneagles)

6 Napier Road #02-12
Gleneagles Medical Centre
Singapore 258499

Tel: (+65) 6539 9626

Colorectal Practice (Farrer)

1 Farrer Park Station Rd,
#14-09/10 Connexion,
Singapore 217562

Tel: (+65) 6262 1226

Top